Cara Memperbaiki Remote Tv Yang Rusak Parah


Apappun merek televisi kamu, Samsung, LG, Polytron, metode membetulkan remote televisi yang rusak sebab terjatuh, ataupun kemasukan air dapat dicoba sendiri dirumah. Walaupun memanglah kita dapat saja membeli remote televisi umum yang dengan gampang kita peroleh di toko elektronik, namun remote televisi asli bawaan dari pesawat televisi tidak dapat digantikan oleh remote televisi umum. Kenapa?. Sebab tiap merek televisi, mempunyai no seri masing2 tercantum tipe menu yang terdapat dalam remote. Terdapat sebagian menu berbeda buat tiap merek serta seri, bisa- bisa terdapat menu berarti buat melaksanakan seting tidak ditemui di remote televisi umum. Hingga kita tidak dapat memakai remote umum yang terdapat dipasaran. Bila remote televisi kamu rusak, jangan buru- buru kamu buang. Jalani apa yang hendak kami paparkan dalam panduan teknologi kali ini buat membetulkan remote televisi kamu.

Apa pemicu remote televisi rusak?

Pemicu awal merupakan bukan remote controlnya yang rusak, tetapi sensor di fitur( Televisi/ VCD/ Compo dll). Pertanyaanya pasti gimana kita bisa memastikan yang rusak remotenya ataupun fitur? apabila terdapat fitur/ remote yang lain yang sejenis bisa jadi kita bisa mencobanya. Tetapi apabila tidak terdapat fitur ataupun remote lain yang dapat digunakan buat berupaya gimana? tenang. terdapat sedikit panduan.

Remote control bisa dites berperan ataupun tidak dengan memakai radio AM/ MW. Coba nyalakan radio pada gelombang MW/ AM, setelah itu pencet- pencet tombol di remote sembari di dekatkan ke radio tadi. apabila di radio terdengar bunyi tut dikala tombol di pencet, berati tombol/ remote kontrol berperan, berarti kehancuran terjalin pada fitur bukan pada remotenya. Metode kedua merupakan dengan memusatkan remote ke suatu kamera HP, apabila remote dalam kondisi baik pada dikala tombol ditekan tekan hendak terdapat sinar yang tertangkap oleh kamera HP

Pemicu kedua merupakan baterai remote habis, apabila hasil pengujian memakai radio didapatkan diagnosa remote kontrol yang rusak, perihal awal yang wajib dicoba merupakan, yakinkan batre remote kontrol baik/ belum habis. Banyak keluhan remote kontrol rusak cuma diakibatkan sebab batrenya yang habis. Buat itu, saat sebelum dicoba pembongkaran remote, terdapat baiknya batre ditukar dengan yang baru.

Pemicu ketiga merupakan halte baterai yang berkarat. ini dapat disebabkan sebab batere sangat lama terpasang serta lembab/ rusak sehingga menyebabkan halte batre berkarat. Apabila ini terjalin, pasti arus dari batre tidak bisa menyuplai tegangan kerja ke komponen aktif remote control, serta remote tidak bisa bekerja. Pemicu sangat kerap merupakan pemakaian batere yang murahan yang dapat menimbulkan karat umumnya batere tipe ini memiliki zat beresiko Mercuri.

Postingan terpaut: Guna root pada hp android

Pemicu keempat merupakan papan PCB kotor ataupun lembab. Ini bisa dilihat cuma apabila remote control telah dibongkar. Perihal yang bisa dicoba merupakan melaksanakan pembersihan papan PCB dari kotoran, apabila ada kotoran yang melekat coba bilas PCB dengan thinner.

Pemicu kelima merupakan karbon aus/ tipis. Umumnya remote control, pada tombolnya dibagian dasar( sisi yang kontak dengan PCB) dilapisi karbon. apabila karbon ini habis/ menipis hingga tombol tidak dapat berperan. Apabila karbon telah habis/ tipis bisa ditukar dengan susunan almunium voil yang ada pada bungkus rokok. Ataupun bisa pula ditukar dengan susunan karbon yang baru( triknya dengan dilapisi karbon cair yang telah tersebar dipasaran. Karbon cair ini hendak mengering sehabis sebagian menit dilapiskan ke tombol).

Pemicu ke 6 merupakan led infra merah rusak. Apabila Led ini rusak, pasti informasi/ perintah dari remote ini tidak bisa dipancarkan ke fitur yang hendak kita kontrol.

Pemicu ketujuh merupakan komponen CF yang rusak. komponen ini merupakan bagaikan pembangkit frequensi pembawa informasi/ perintah dari remote Control. Apabila komponen ini rusak, pasti tidak hendak terdapat informasi yang dapat terkirim ke fitur yang kita kontrol. komponen ini umumnya berupa kotak kadangkala berkaki 2 terdapat pula yang berkaki 3. komponen CF umumnya bercorak biru/ gelap/ kuning/ orange.

Pemicu ke 8 merupakan Casing remote yang rusak, sehingga tombol yang kita pencet tidak cocok pada tombol di PCB. pasti ini hendak menimbulkan tidak terdapatnya informasi/ perintah yang kita masukkan ke remote Control.

Pemicu ke 9 merupakan jalan PCB yang rusak. Ini hendak menyebabkan tidak berfungsinya remote kontrol. Perihal yang bisa dicoba merupakan melaksanakan/ penyambungan ataupun revisi jalan pada PCB.

Pemicu ke 10 merupakan kehancuran komponen aktif pada remote( transistor/ IC) apabila yang rusak hanya transistor bisa jadi dapat kita ubah dengan komponen sejenis serta se type yang terdapat di pasaran. Tetapi apabila yang rusak merupakan IC, umumnya telah bisa diperbaiki rmonika

Pemicu ke sebelas merupakan rusaknya komponen pasif( resistor/ condensator) kehancuran tipe ini tidak sering sekali terjalin pada remote Control.

Postingan terpaut: Panduan mengenakan smarphone buat bisnis online

Gimana membetulkan remote televisi yang rusak?

Bila telah ditentukan kondisi body remot masih utuh, hingga langkah berikutnya buat berupaya melaksanakan pengecekan dapat di mulai dengan sesi sesi bagaikan berikut:

Baterai. Perihal sangat awal yang wajib ditentukan merupakan status energi baterai apakah masih ada. Cek dengan memakai avo m serta buat masing masing baterai wajib mempunyai tegangan di atas 1 volt. Bila tidak mempunyai perlengkapan ini hingga bisa dicoba pada unit remot lain yang masih bisa berperan dengan baik.

Masih berhubungan dengan baterai ialah konektor, yakinkan masih nampak baik tidak terdapat kotoran ataupun karat yang membatasi penghantaran arus listrik baterai mengarah komponen remot. Metode mensterilkan konector dapat memakai kertas sikat ataupun amplas hingga nampak logam yang bersih.

PCB( Printed Circuit Board). Pada sesi ini hendak ditemukan suatu papan yang ada bermacam komponen yang melekat dengan solderan pada satu sisi serta sisi yang lain merupakan tempat keypad ataupun tombol remot televisi.

Saat sebelum mengecek komponen yang tersolder, cek lebih dulu bagian keypad buat membenarkan tidak terdapat kotoran yang membatasi tombol karet keypad. Bila remot sempat tersiram air, umumnya bagian ini hendak kumal serta kesimpulannya keypad jadi tidak merespon dengan baik.

Metode membersihkannya merupakan dengan memakai cairan pembersih ataupun boleh pula mengenakan spiritus yang di seka dengan tisyu hingga nampak lebih bersih serta kusamnya lenyap.

Komponen Elektronik. Apabila kedua sesi diatas belum bisa menuntaskan kasus, barulah berupaya sesi terakhir ialah mengecek bagian komponen elektronikanya yang berbentuk Kristal 455Khz, Led Infared.

Pada sebagian model remot lain terkadang memakai kristal dengan 3 kaki, cek soderan pada kakinya bisa jadi terdapat yang putus ataupun retak solderannya ataupun apabila tidak membantu coba ubah baru dengan dimensi yang sama sebab telah rusak.

Led infrared sangat tidak sering hadapi kehancuran sebab cuma berperan bagaikan pemancar signal frequency yang tersambung dengan sensor penerima pada tv.

Sehabis seluruh sukses ditilik, metode melaksanakan test remot sangat gampang merupakan dengan memakai radio bergelombang AM/ MW. Nyalakan radio serta buka volume agak keras berikutnya arahkan remot televisi dekat dengan radio setelah itu tekan masing masing tombol pada remot. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter