Mengenal Jenis Jenis Hardisk Dari Jaman Jadul Sampai Sekarang

Hardisk ialah salah satu media penyimpanan informasi yang ada pada computer yang terdiri dari kumpulan piring magnetis keras serta berbalik, serta komponen– komponen yang lain.

Jenis Hardisk

Berikut merupakan Tipe– Tipe hardisk


1. Hardisk ATA/ EIDE

Hard disk dengan jenis EIDE( Enhanced IntegratedDrive Electronic) ataupun lebih kita tahu dengan jenis ATA( Advanced Teknologi Attachment) ialah standar tipe terkini sesuatu antar muka disk yang sesui dengan koneksi bis banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE/ ATA, disk semacam ini dapat dihubungkan langsung ke bis PCI, yang banyak digunakan oleh banyak computer.


Keuntungan drive EIDE/ ATA merupakan biayanya yang lumayan murah, disebabkan penggunaannya dipasaran Komputer. Salah satu keunggulan utama dari hard disk ini merupakan dibutuhkan kontroler terpisah buat tiap drive bila 2 drive digunakan bertepatan buat tingkatkan perporma computer kamu.


Salah satu produsan chip populer telah menyertakan kontroler yang memungkin kan disk EIDE/ ATA bisa dihubungkan langsung ke motherboard.


2. Hardisk SCSI

Banyak Hard Disk mempunyai antar muka yang didesain buat koneksi ke bis SCSI standar. Disk semacam ini cenderung lebih mahal, tetapi memiliki perporma yang lebih baik, yang dimungkinkan sebab kelihan bis SCSI dari pada bis PCI.

proses bisa dicoba bertepatan ke sebagian disk drive sekali gus sebab antar muka drive secara aktif dibungkan langsung ke bis SCSI cuma pasa dikala drive tersebut siap buat transper informasi.


Perihal ini paling utama bermanfaat dalam aplikasi dimana ada semumlah besar reques utnuk file yang kecil, yang kerap terjalin pada computer yang digunakan bagaikan file server.


3. Hardisk Raid

Hrdisk Raid menawarkan perporma yang luar biasa serta media penyimpanan yang sangat besar serta profesional. Disk tersebut digunakan baik dalam computer performa besar ataupun dalam system yang membutuhkan kondisi yang lebih besar dari tikat wajar, hendak namun, dengan semngakin menyusutnya harga ke tinggat lebih murah, hard disk Hrdisk Raid jadi lebih menarik apalagi buat system computer dengan dimensi rata–rata.


4. Hardisk SATA

Hardisk SATA ialah interface dari disk ATA dengan tipe serialnya membolehkan kabel tipis yang mempunyai total kebel kecil dekat 2 pertiga dari kabel hard disk dengan jenis EIDE ataupun ATA disk yang berjumlah 39 pains serta SATA mempunyai kecepatan pengiriman informasi sangat baik dan kurangi latensi. Sehingga bis semacam ini bisa melibihi kecepatan bis parallel.


Hardisk SATA bisa mentransfer informasi secara berentetan ataupun serial melalui kabel serta pula secra metode SATA menyusun sendiri disk yang terhubung ke dalam motherboard tanpa terdapatnya system master maupun slave, sehingga


kabel SATA cuma bisa digunanakan pada stu hard disk.


Jenis Hard disk yang sudah dibahas ini, seluruhnya tercantum dalam jenis internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Tidak hanya internal hard disk terdapat pula eksternal harddisk. jadi dapat dipindah pindahkan dari computer satu ke pc yang lain.


Eksternal disk mempunyai kecepatan


7200 rpm, pemasangannya sangat la gampang, kamu tidak butuh memborkar Komputer ataupun computer kamu lumayan dengan menghubungkan port USB kamu ke Komputer ataupun computer kamu dapat langsung mentransper informasi 480 Mbps.


5. Hardisk SSD


Semacam yang kita tahu kalau hardisk yang sepanjang ini kita pakai bagaikan media penyimpanan masi memiliki bagian mekanik dialamnya, sebaliknya media SSD telah memakai teknologi semacam USB Drive ataupun memori computer, apabila kamu perhatiakn kalau media semacam USB drive ini tidak mempunyai bagian yang bergerak.


Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan ialah Kingston utnuk memasarkan SSD intel sehingga kehadiran


kedua nama tersebut jadi pasar SSD semangkin meningkat.


Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba, serta apalagi Seagate juga hendak memasuki pula kepasa SSD ini. Ialah SSD yang tidak asing lagi untuk kita.


Memanglah kedepannya media penyimpanan hendak lebih menuju ke SSd disebabkan mempunyai banyak kelebihan dibanding media penyimpanan dikala ini. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter